Email
google

Perkirakan Biaya Renovasi Rumah Dengan Cara Berikut!

Oleh : Jihan Febriani
Wednesday, 17 May 2017 16:47:17

 

Biaya adalah hal yang paling pertama dipertimbangkan jika ingin merenovasi rumah, tak bisa dipungkiri terkadang biaya merenovasi rumah memang sangat jauh berbeda dari perkiraan awal, karena biaya untuk merenovasi rumah sangat sulit diprediksi.

Namun, setidaknya estimasi yang Anda lakukan akan memberikan gambaran berapa kisaran biaya yang harus Anda siapkan.

Tentu saja estimasi ini penting untuk mengetahui sejauh mana kemampuan finansial Anda untuk merenovasi hunian Anda.

Komponen yang Digunakan dalam Melakukan Estimasi

Biaya renovasi rumah bisa dihitung berdasarkan beberapa komponen berikut ini, yaitu:

yang pertama adalah bahan yang digunakan. Tentu saja Anda sudah punya gambaran atau bahkan sudah memiliki desain rumah. Sehingga Anda sudah tahu bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan serta berapa banyak jumlah bahan yang harus Anda siapkan untuk mendesain ulang rumah Anda.

Yang paling banyak menghabiskan dana adalah aksesoris. Jadi, Anda harus benar-benar detail ketika ingin melakukan renovasi, terutama aksesoris yang akan Anda gunakan seperti hiasan dinding, atap, dan lain pernak-pernik kecil lainnya.

Yang kedua, biaya tukang. Biaya untuk tukang tergantung berapa upah harian tukang di tempat Anda. Tentu antar daerah upah tukang berbeda.

Pertimbangkan juga apakah Anda harus menyediakan makanan setiap hari atau tidak. Anda harus tahu biaya makan untuk tukang kelihatannya kecil padahal sangat banyak.

Untuk mempermudah Anda dalam melakukan estimasi desain rumah, sebaiknya Anda tidak perlu memberikan makan. Jadi, upah yang Anda berikan sudah termasuk makan. Tukang akan membawa bekal makanan sendiri.

Selain untuk mempermudah melakukan estimasi, Anda juga tidak perlu repot menyediakan makanan untuk tukang setiap hari.

Yang ketiga, biaya tak terduga. Agar pada kenyataannya tidak terlalu jauh melenceng dari estimasi, Anda harus menghitung juga overhead cost atau biaya tak terduga.

Cara Menghemat Biaya Renovasi Rumah

Setelah Anda tahu bagaimana cara melakukan taksiran atau estimasi biaya untuk renovasi rumah, sekarang Anda juga harus tahu bagaimana cara agar biaya renovasi rumah bisa ditekan.

Yang pertama, Anda bisa memasang satu mandor yang Anda percayai. Mandor ini yang akan mengawasi kerja para tukang. Ini sangat penting khususnya jika Anda tidak begitu tahu tentang arsitektur atau Anda tidak memiliki waktu untuk melakukan pengawasan sendiri.

Membengkaknya biaya renovasi rumah umumnya disebabkan kinerja tukang yang tidak optimal. Apalagi jika Anda sebagai pemilik rumah tidak bisa mengontrol secara langsung. Bisa-bisa biaya untuk merenovasi rumah jauh dari estimasi awal.

Yang kedua, ada baiknya juga Anda mengecek ke toko yang menjual barang-barang bekas. Banyak sekali bangunan yang dibongkar sementara beberapa bagian dari bangunan tersebut masih bagus dan jual kembali. Anda bisa memanfaatkan barang-barang tersebut seperti kusen, kayu untuk atap, tangga, pintu, jendela, dan lain sebagainya.

yang ketiga, menyewa kontraktor atau jasa desain rumah. Mungkin Anda menganggap menyewa penyedia jasa desain rumah justru akan membuat biaya membengkak. Pada kenyataannya tidak. Justru biaya bisa ditekan. Karena kontraktor memiliki hitungan yang lebih tepat.

 

 

Sumber : architectaria.com

 



0 Komentar

 Tulis Komentar
Nama
Komentar
Kode

Other Articles


Copyright 2013 Trend Rumah - All Rights Reserved