Email
google.com

Inspirasi Desain Kamar Anak Bertemakan Hutan

Oleh : Jihan Febriani
Friday, 05 May 2017 17:08:23

Memiliki kamar yang unik dan nyaman tentunya menjadi dambaan semua orang, termasuk anak-anak.

Salah satu cara membuat kamar yang nyaman adalah menentukan dekorasi interior kamar dengan tema yang menarik.

Salah satu kamar yang unik dan menarik adalah kamar dengan tema hutan.

Selain menarik dan unik kamar bertemakan hutan ini membantu orang tua mengenalkan alam dan seisinya kepada anak sedari dini.

tema ini juga cukup tepat karena di dalamnya menyajikan unsur dan motif binatang maupun tumbuhan dengan warna – warna nan cantik.

Karena  Hutan mampu merepresentasikan konsep alam dengan keragaman flora dan fauna yang mendiaminya.

Jika anda tertarik membuat kamar anak dengan tema hutan, berikut hal yang harus anda lakukan ;

Buat pintu kamar anak layaknya jungle entrance arch

Supaya nuansa hutan langsung terasa begitu kita menginjakkan kaki di kamar anak, buat semacam jungle acrh , yakni semacam lengkungan atau gapura kecil di mana sekelilingnya ditumbuhi pepohonan atau tanaman merambat. Anda bisa menirunya dengan menghadirkan pintu bertema rustic, kemudian tempatkan tanaman merambat buatan yang berbahan plastik di sekeliling pintu. Atau, cukup cat dinding di sekitar pintu dengan motif tanaman merambat, sehingga ketika kita melewati pintu, kita akan dibawa seolah – olah memasuki hutan.

Hadirkan warna hijau sebagai warna dominan dalam kamar

Untuk memperkuat nuansa hutan dalam kamar anak, pilihlah warna hijau. Namun, warna hijau yang dipilih bukanlah hijau muda, melainkan hijau yang sedikit tebal atau tua, atau lush green guna memberi kesan layaknya hutan yang hijau dan lebat. Anda bisa mengkombinasikan dengan warna cokelat tua yang menyerupai warna batang pohon atau warna tanah. Bisa juga Anda memasukkan unsur warna biru cerah pada langit – langitnya. Warna biru cerah juga bisa merepresentasikan kebedaan danau dalam hutan.

Gunakan material kayu atau bambu pada lantai, langit – langit, dan tiang penyangga

Material kayu dan bambu merupakan material yang mutlak dipilih guna memperkuat kesan layaknya sebuah hutan yang asli pada kamar. Gunakan lantai berbahan kayu yang masih kasar dan sedikit rustic. Namun jika konsep hutan tropis yang Anda pilih, maka material bambu dirasa lebih tepat sebagai lantainya. Material bambu ini juga bisa menjadi tiang penyangga ruangan. Untuk langit – langitnya, Anda bisa memilih bambu atau kayu sebagai struktur atap tanpa menghadirkan plafon. Cara ini akan lebih mempertegas tema jungle room , tapi hal ini juga akan mempersulit Anda karena ruangan yang tanpa diberi plafon akan lebih cepat kotor dan mudah bocor tatkala hujan.

Hadirkan motif binatang (animal print) dalam ruangan

Motif binatang mutlak dihadirkan pada ruangan berkonsep ala hutan. Anda bisa memilih selimut, sprai, gorden, sarung bantal, upholstery, atau karpet bermotif hewan seperti motif zebra, motif harimau, atau motif macan tutul.

Tempatkan tanaman artifisial

Tanaman artifisial dengan daun yang lebat bisa kita tempatkan dalam kamar anak bertema hutan ini. Selain tanaman merambat, Anda bisa menghadirkan tanaman pakis atau tanaman palem. Bisa juga Anda menambahkan jenis tanaman bunga yang banyak tumbuh di hutan, seperti bunga anggrek varietas tertentu yang hanya tumbuh di dalam hutan.

Hadirkan atap alang – alang sebagai pelengkap jungle theme pada kamar anak

Mengingat Indonesia berada di negara katulistiwa dan beiklim tropis, tak ada salahnya Anda menempatkan elemen yang bernuansa tropis pada dekorasi kamar ala hutan ini. Salah satunya dengan menghadirkan jungle trim yang terbuat dari jerami atau rumput alang – alang yang sudah dikeringkan. Lalu, tempatkan jungle trim ini pada bed canopy (semacam atap di atas ranjang), di tepian meja, atau pada ventilasi di dekat pintu masuk.

Elemen, furnitur, dan dekorasi natural lain yang menunjang tema hutan

Demi melengkapi ruang anak bertema hutan ini, Anda bisa menambahkan elemen atau dekorasi pendukung lain. Untuk furniturnya, pilihlah  meja, lemari, dan satu set dresser dari bahan  wicker headboard berwarna cokelat alami di mana appliances tersebut akan membantu menunjang nuansa hutan di kamar anak Anda. Tak hanya itu, elemen lain seperti pot tanaman atau vas dari terakota bisa Anda pertimbangkan untuk diikutsertakan dalam ruangan. Terakhir, pasang tirai atau kerai bambu pada jendela guna menghalau sinar matahari yang berlebih serta guna mempertegas dekorasi ala hutan.

 

Sumber : architectaria.com



0 Komentar

 Tulis Komentar
Nama
Komentar
Kode

Other Articles


Copyright 2013 Trend Rumah - All Rights Reserved