Email
Alt/Text Gambar
Alt/Text Gambar
pixabay.com

Beberapa Jenis Atap Dalam Bangunan

Oleh : Jihan Febriani
Wednesday, 22 March 2017 17:25:14

 Atap adalah salah satu bagian penting dalam rumah. Atap berfungsi sebagai pelindung dari berbagai macam gangguan dari luar rumah terutama hujan dan panas. Tanpa adanya atap, sebuah bangunan tidak dapat dikatakan sebagai hunian yang baik. Hal tersebut dikarenakan tidak terpenuhinya unsur kelayakan rumah yang utuh. 

jika anda ingin membangun rumah anda dengan atap yang baik, ada baiknya anda memperhatikan model atap yang akan anda gunakan

karenanya atap adalah unsur bangunan yang begitu esensial bagi hunian anda. Berdasarkan model dan jenis atap rumah terdiri atas beberapa macam.

 

Berikut adalah jenis-jenis model atap rumah yang dapat menjadi referensi bagi anda untuk menentukan atap yang cocok dengan desain rumah yang anda miliki.

 

 1.    Atap Datar


Model dan jenis atap rumah ini memiliki bentuk permukaan datar meskipun pada dasarnya tidaklah benar-benar datar. Pada atap jenis ini juga memiliki sedikit sudut kemiringan yang dibuat dengan tujuan untuk mengalirkan air hujan ke bawah. Atap datar sering digunakan untuk melengkapi bangunan dengan desain rumah  dan gaya temperatur karena ditengarai mampu memunculkan suasana ketegasan. Atap ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat menjemur pakaian, menempatkan tower penampung air, dan lain sebagainya.

 2.    Atap Sandar


Model dan jenis atap rumah sandar memiliki nama lain yakni atap sengkuap. Atap jenis ini memiliki karakteristik berbentuk dinding sofi-sofi atau kuda-kuda. Awal munculnya ide membuat jenis atap ini berawal pada adanya keterbutuhan akan atap tambahan semisal teras, balkon, selasar, dan lainnya. Atap dengan jenis ini secara umum digunakan pada rumah atau bangunan yang memiliki desain rumah bergaya modern karena bentuknya yang futuristik.

 

 3.    Atap Pelana


Model dan jenis atap rumah  ini mempunyai bentuk seperti pelana kuda yakni prisma segitiga. Desain pada atap pelana adalah jenis yang paling aman dan sederhana. Atap ini juga cocok jika diterapkan dalam berbagai desain rumahdan gaya pada bangunan. Selain itu juga biaya operasional pembuatan atap ini relatif lebih murah. Jika terjadi kebocoran pada atap ini akan dengan sangat mudah untuk dideteksi dan diidentifikasikan dimana titik bocornya. Kelebihan lainnya pada atap ini adalah memiliki kemampuan daya serap yang cukup tinggi terhadap panas dan radiasi dari sinar matahari.

4.    Atap Limasan


Model dan jenis atap rumah limasan memiliki bentuk bangun geometri limas. Meskipun dalam prosesi pembuatannya cukup sulit, akan tetapi semua kesulitan tersebut akan terbayarkan dengan tampilan indah yang dihadirkannya. Atap limasan secara fungsional mampu melindungi rumah dari derasnya hujan serta terik matahari dengan sangat baik. Hal tersebut dikarenakan atap limasan mempunyai tameng miring pada setiap sisinya. Sudut miring pada atap limasan ini juga bermanfaat dalam pengalihan arah angin yang menuju ke atas. Dengan adanya fungsi ini, maka anda tak perlu khawatir terhadap resiko kerusakan struktur bangunan akibat hembusan angin kencang.

 

 

Sumber : griyarenovasi.com



0 Komentar

 Tulis Komentar
Nama
Komentar
Kode

Other Articles


Copyright 2013 Trend Rumah - All Rights Reserved