Email
Alt/Text Gambar
Alt/Text Gambar
pixabay

Solusi Pencahayaan Alami Pada Ruangan

Oleh : jihan febriani
Friday, 24 February 2017 16:48:53

Sebagai salah satu unsur dekorasi, mengatur pencahayaan ruangan itu penting. Sebab pencahayaan mampu mempengaruhi pesona tampilan dekorasi secara signifikan.

Biasanya, sebagian orang membuat  jendela untuk mendapatkan pencahayaan alami dari pantulan sinar matahari, selain memberi kesehatan, sinar matahari sendiri tak perlu menggunakan lisrik, tentunya akan lebih hemat dalam pembiayaan

Namun, keterbatasan lahan dan adanya bangunan di sekeliling rumah membuat pemilik rumah kesulitan menempatkan jendela. Keterbatasan ini menyebabkan ruangan-ruangan di dalam rumah menjadi gelap di siang hari karena tidak mendapatkan pencahayaan alami dari sinar matahari. Penghuni terpaksa menggunakan lampu listrik untuk menyinari ruangan tersebut sepanjang hari. Akibatnya adalah, mahalnya tagihan rekening pembiayaan listrik.

Padahal, ada solusi untuk mendapatkan cahaya alami yang tidak perlu menggunakan listrik, yaitu dengan cara membuat skylight.

 skylight merupakan cahaya alami yang diambil dari arah vertikal atau dari atap rumah. Cahaya matahari dari arah vertikal akan langsung jatuh dan menyinari ruangan. Caranya adalah kita harus membuat bukaan dari atap untuk mengakses sinar matahari langsung.

Skylight ini bisa berupa yang langsung (tanpa penutup) dan skylight yang menggunakan penutup yang berbahan tembus cahaya. Untuk skylight tanpa penutup ini memberikan keuntungan ganda yakni sebagai jalan masuknya sinar matahari secara langsung sekaligus sebagai sirkulasi udara. Namun untuk skylight ini tidak menguntungkan di musim penghujan karena air akan langsung  jatuh ke dalam rumah. 

Sedangkan untuk skylight yang tertutup, bahan penutupnya bisa bermacam-macam di antaranya kaca dan polycarbonat. Kaca memiliki daya tembus sinar yang baik namun kaca biasa tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk menantang sinar matahari setiap hari. Sementara bahan polycarbonat dijadikan pilihan sebagian orang karena lebih ringan dan lentur. 

 

ada beberapa tips yang berakitan dengan teknik pencahayaan interior, antara lain :

  • Jarak antara pemasangan lampu dengan lantai yang ideal adalah 2,5 meter
  • Memasang lampu vertikal di dinding yang pendek mampu membuatnya seolah lebih tinggi

          Memasang lampu berdiri dengan arah cahaya ke atas membuat langit-langit seolah lebih tinggi

  • Penambahan cermin di suatu ruangan mampu menggandakan jumlah cahaya di dalamnya sehingga membuat ruangan lebih lapang

 

Sumber : arafuru.com dan rumah190.com



0 Komentar

 Tulis Komentar
Nama
Komentar
Kode

Other Articles


Copyright 2013 Trend Rumah - All Rights Reserved